Kamis, 05 April 2012

Dasar-dasar Mendidik Anak

02.42

Sahabat...apa saja dasar-dasar dalam pendidikan anak? silahkan membaca tulisan di bawah ini.
1. Pendidikan dilakukan secara bertahap.
    Apakah ada di antara kita yang setelah lulus SD langsung masuk SMU? tentu saja tidak ada bukan? pendidikan di seluruh dunia dibuat secara bertahap sesuai dengan kapasitas, kemampuan, dan usia manusia. Di biMBA-AIUEO, proses belajar dilakukan secara bertahap dengan menggunakan metode Small Step System. Seluruh materi belajar dirangkum dalam sebuah kurikulum biMBA-AIUEO dan didukung oleh modul atau lembar latihan yang hanya ada di biMBA-AIUEO.
   Di biMBA-AIUEO, anak tidak dipaksa untuk menyelesaikan tugasnya, karena biMBA adalah bimbingan MINAT baca dan MINAT belajar Anak usia dini. Biasanya anak usia dini tidak betah melakukan sesuatu dengan posisi duduk tenang dalam waktu yang lama. Salah satu cara untuk membiasakannya adalah dengan membiarkan mereka melakukan apa yang mereka sukai, tentu saja bukan dengan membiarkannya begitu saja.

2. Pendidikan dilakukan dari yang ringan dan mudah.
    Proses pembelajaran di biMBA-AIUEO dimulai dengan materi yang paling mudah, jika anak mampu, maka materi belajar akan ditingkatkan secara bertahap. Materi yang diberikan sesuai dengan kemampuan masing-masing anak. Untuk menumbuhkan MINAT anak terhadap kegiatan membaca, terlebih dahulu anak diperdengarkan bunyi huruf, bunyi kata secara verbal (hanya diperdengarkan). Tujuannya adalah untuk membentuk logika anak, sehingga mereka mengerti bukan menghafal.
    Setelah terbentuk logikanya, tahap selanjutnya adalah memperkenalkan simbol huruf. Simbol huruf juga diperkenalkan secara bertahap, di awali dengan simbol huruf AIUEO. Pengenalan kata juga dilakukan secara bertahap dimulai dengan kata yang memiliki dua suku kata yang kembar (sama), seperti : MAMA, PAPA, DEDE, dsb. Kata-kata yang diperkenalkan adalah kata-kata yang dekat dengan anak dan memiliki makna (arti).
Secara bertahap akan meningkat membaca kalimat dan membaca cerita pendek.

3. Pendidikan dilakukan berulang-ulang.
    Tidak ada seorang pun di dunia ini yang langsung menguasai sesuatu tanpa melalui proses belajar. begitu juga dengan anak-anak. Saat guru mengajarkan sesuatu kepada mereka, maka guru tidak bisa menuntutnya untuk langsung bisa. Ajarkanlah berulang-ulang sampai anak mengerti dan benar-benar memahami. di biMBA-AIUEO proses belajar dilakukan secara berulang--ulang menggunakan modul dengan cara berdialog, bernyanyi, bercerita, dongeng, atau menggunakan media permainan.
    Selain itu, proses pembelajaran yang dilakukan secara kontinyu, meskipun sedikit demi sedikit, biasanya lebih mudah dicerna dan dipahami oleh anak. Daya ingat anak akan kuat jika diasah terus-menerus dan nantinya akan menjadi ingatan yang tajam. Semakin banyak anak mengulang, berarti semakin banyak anak melakukan latihan. semakin dilatih, maka akan menjadi semakin mampu.

4. Pendidikan dilakukan dengan cara yang menyenangkan.
    Biasanya anak-anak akan merasa lebih nyaman, jika suasana belajar terasa menyenangkan. Motivator yang ramah dan selalu ceria, serta lingkungan yang mendukung akan membuat anak selalu bersemangat untuk belajar.

Salam biMBA...tetap semangat. luar biasa dan selalu ceria.

Categorized |

0 Responses to “Dasar-dasar Mendidik Anak”

Posting Komentar

Popular Posts