Senin, 01 September 2014

MENGENALKAN ANGKA 1-10 DENGAN MENYENANGKAN

21.44


Matematika merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Disadari atau tidak sebenarnya seseorang tidak lepas dari matematika. Ketika bangun tidur, seseorang melihat jam dinding dan melihat angka demi angka. Angka adalah simbol bilangan dalam matematika.

Tujuan mengenalkan konsep matematika di biMBA adalah melatih logika anak menggunakan angka. Matematika bukan hafalan, tetapi pemahaman (logika). Jika anak sudah tertarik dengan angka, ia akan mencari tahu sendiri simbol angkanya, tugas orangtua dan motivator adalah membangkitkan rasa ingin tahu anak dengan sabar, penuh cinta dan kasih sayang kepada anak agar tumbuh MINAT belajar dari dalam dirinya sendiri (intrinsik).

Mengenalkan angka pada anak usia dini harus dilakukan dengan bermain, agar belajar menjadi mudah dan menyenangkan (fun learning), sehingga tidak meninggalkan rasa trauma belajar pada anak. Cara untuk melatih anak belajar mengenal angka dapat dilakukan dengan permainan menggunakan jari-jari tangan. Ajak anak membilang angka mulai dari 1-10 untuk perkenalan terlebih dahulu menggunakan jari-jari tangannya sambil mengucapkan bunyi angka-angka tersebut.

Selain itu dapat juga mengajak anak untuk bermain “tepuk jari”, caranya adalah ajak anak untuk melakukan tepuk menggunakan 1 jari, 2 jari, 3 jari, 4 jari, dan 5 jari. Tujuan mengajak anak membilang menggunakan jari-jari tangan adalah agar anak paham dan mampu menyebutkan urutan angka dari 1-10. Latih terus kemampuan anak hingga anak terampil dalam membilang angka. Ada juga cara lain untuk melatih anak membilang angka, yaitu dengan menggunakan lagu.

Setelah anak terampil membilang angka 1-10 dengan benar, tahap selanjutnya adalah mengenalkan simbol angka secara bertahap (small step system) dimulai dengan simbol angka 1, 2, dan 3 terlebih dahulu agar mudah dipahami oleh anak dan menyenangkan. Latih kemampuan anak mengenal simbol angka 1-3 sampai anak terampil. Terampil yang dimaksud adalah anak mampu menyebutkan simbol angka dengan cepat.
Setelah anak terampil mengenal simbol angka 1-3, lanjutkan dengan pengenalan simbol angka berikutnya, yaitu simbol angka 4 dan 5. Lakukan sama seperti pengenalan simbol angka 1-3. Jika simbol angka 1-5 sudah dipahami oleh anak, lanjutkan dengan pengenalan simbol angka 6-10.  Pengenalan simbol angka dapat juga dibantu dengan menggunakan lagu, pengenalan lewat lagu bukan cara yang utama, tetapi hanya untuk membantu anak mengenal angka saja, karena dikhawatirkan anak hanya sekadar menghafalkan lagu saja. pengenalan melalui lagu baru boleh diberikan jika anak sudah memahami konsep bilangan.

Itulah tahapan mengenalkan konsep matematika kepada anak di biMBA-AIUEO. Proses pembelajaran dilakukan secara bertahap (small step system) menggunakan modul yang sudah disusun secara sistematis, menarik dan mudah digunakan, agar anak tidak terbebani dalam proses belajarnya, karena sesuai dengan kemauan dan kemampuan masing-masing anak (individual system), sehingga belajar menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi setiap anak (fun learning). Inilah metode yang digunakan oleh biMBA-AIUEO untuk menumbuhkan MINAT belajar pada anak secara intrinsik.

Salam biMBA.


Categorized |

0 Responses to “MENGENALKAN ANGKA 1-10 DENGAN MENYENANGKAN”

Posting Komentar

Popular Posts