Sabtu, 21 April 2012

biMBA-AIUEO Menumbuhkan MINAT Belajar Anak

07.28

Sebagai motivator biMBA-AIUEO dan sebagai orang tua harus mampu membangkitkan minat belajar anak, dengan cara mengenali apa yang dia sukai dan mengajak anak melakukan hal yang disukainya, Hal tersebut dipercaya mampu meningkatkan minat belajar seorang anak. Kuncinya adalah mengetahui apa yang dapat membuat anak tertarik dan memiliki keinginan untuk belajar. Bagi anak usia delapan tahun ke bawah, belajar harus berangkat dari MINAT si anak itu sendiri,

Sifat dasar anak adalah senang belajar hal itu bisa terlihat sejak usia dini, dimulai dari anak belajar berjalan, dia jatuh dan bangkit lagi atas kemauan sendiri. Sayangnya, ketika anak menginjak usia empat tahun, banyak terjadi intervensi orang dewasa, dalam hal ini orang tua. Seorang anak belajar karena kewajiban, dorongan, bahkan paksaan dari orang tua. Sehingga akhirnya anak menjadi tertekan, dampak yang lebih ekstrim adalah membuat anak menjadi BENCI belajar.

Prinsip dasar belajar untuk anak-anak haruslah MENYENANGKAN (FUN LEARNING), karena belajar dalam suasana yang menyenangkan akan menumbuhkan emosi positif. Motivator biMBA harus mampu menciptakan suasana belajar yang sepenuhnya menyenangkan bagi anak, Sehingga anak memiliki pengalaman atau kesan positif bahwa kegiatan belajar adalah kegiatan yang menyenangkan.


Proses belajar harus dilakukan secara bertahap, dimulai dari hal yang mudah terlebih dahulu (SMALL STEP SYSTEM). biMBA-AIUEO memiliki kurikulum dan modul yang telah disusun secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga memudahkan anak dalam mempelajari dan memahami materi-materi yang diberikan. Berbeda dengan institusi lain, di biMBA bukan anak yang mengikuti kurikulum, tetapi kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Jadi, setiap anak memiliki materi yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dan kemauannya.


Dalam proses belajar, setiap anak harus diposisikan sebagai subjek dan bukan objek (INDIVIDUAL SYSTEM). Bila dalam proses belajar, anak berperan sebagai objek, maka yang banyak melakukan intervensi adalah pendidik. Hasilnya akan membuat anak menjadi malas belajar dan proses belajar menjadi tidak efektif. Sebaiknya anak belajar atas keinginannya sendiri. 
      
Mulai hari ini kita ubah paradigma kita terhadap anak. Bahwa anak berbuat baik itu bukan hal yang biasa, tapi merupakan suatu hal yang luar biasa. Bersama biMBA-AIUEO kita wariskan MINAT Belajar Anak sejak usia dini.


Salam biMBA...tetap semangat, luar biasa, dan selalu ceria.

Categorized |

0 Responses to “biMBA-AIUEO Menumbuhkan MINAT Belajar Anak”

Poskan Komentar

Popular Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini