Sabtu, 31 Maret 2012

Pemberian Predikat Positif dan Negatif.

01.42

Sebagai orangtua dan motivator biMBA HARUS selalu menjaga lisannya, karena ucapan orangtua dan guru adalah doa bagi anak. untuk itu kita harus selalu memberikan sebutan, panggilan, predikat atau nama yang baik bagi anak-anak kita maupun anak didik kita. Sebutan atau predikat positif diantaranya adalah anak rajin, anak sholeh, anak baik, anak pintar, anak jujur, anak pemberani, dsb.
-          
Pemberian predikat positif merupakan bentuk pengakuan orangtua atau motivator kepada anak. Pemberian predikat positif harus dilakukan terus menerus agar menjadi bagian dalam diri anak, sehingga anak akan berperilaku sesuai dengan predikat yang diberikan kepadanya.

Ada predikat positif juga ada predikat negatif. Sebutan atau predikat negatif tersebut adalah anak bodoh, anak malas, anak nakal,anak penakut, anak pelit, anak pembohong dsb. Sebutan, panggilan, predikat atau nama yang buruk bagi anak harus dihindari, karena dapat membuat anak menjadi tidak percaya akan kemampuan dirinya (minder, pesimis, mudah putus asa), dampak lainnya akan membuat anak berperilaku sesuai dengan predikat yang diberikan kepadanya, sehingga menyebabkan anak sulit keluar dari predikat yang diberikan kepadanya.

Pada dasarnya setiap anak dilahirkan cerdas, mereka memiliki keunikan, kemampuan, kecerdasan dan potensi yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Oleh karena itu sebagai orangtua dan motivator biMBA, tidak bijak rasanya jika kita membanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lainnya. Tidak ada anak yang nakal, bodoh ataupun malas, setiap anak adalah bintang di hati orangtua dan motivatornya.

Selain predikat positif dan predikat negatif, ada pula kata-kata yang harus rajin diucapkan dan dilatih pada anak agar menjadi kebiasaan dan membentuk karakter positif dalam diri anak. ada 3 kata yang harus rajin diucapkan dan dilatih pada anak, yaitu : kata maaf, tolong, da terima kasih. Ketiga kata  tersebut memberikan banyak manfaat bagi pembentukan karakter positif dalam diri anak, diantaranya adalah membuat anak merasa dihargai, melatih anak menghargai orang lain, melatih anak untuk meminta maaf, sehingga menghindari sikap sombong dan tidak mau mengakui kesalahan, mengajarkan dan melatih anak bersikap sopan santun.

Semoga kita bisa menjadi orangtua dan motivator terbaik bagi anak-anak kita...Amin.
Salam biMBA...tetap semangat, luar biasa dan selalu ceria.

Categorized |

0 Responses to “Pemberian Predikat Positif dan Negatif.”

Posting Komentar

Popular Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini