Sabtu, 31 Maret 2012

Konsep "Bermain sambil Belajar"

01.09

biMBA memiliki konsep "bermain sambil belajar". Bermain adalah metode belajar yang paling efektif untuk anak-anak, karena mereka belajar dari segala kegiatan yang mereka lakukan. Kuncinya adalah bagaimana mengubah kegiatan bermain menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan. Ketika anak merasa senang dan nyaman, ia akan mampu belajar dengan baik.


Berikut ini adalah beberapa karakteristik anak-anak secara umum :
1. Memiliki konsentrasi yang relatif lebih pendek.
2. Tidak suka diatur atau dipaksa.
3. Tidak suka dites.

Ketiga karakteristik tersebut menunjukkan bahwa untuk menstimulasi atau membimbing anak belajar tidak bisa dilakukan dengan cara-cara orang dewasa. Kegiatan yang bisa memfasilitasi ketiga karakteristik tersebut adalah kegiatan BERMAIN.

Definisi "bermain" di biMBA adalah kegiatan apapun yang menyenangkan bagi anak, tanpa memikirkan masa yang akan datang. Maksudnya di dalam kegiatan bermain, anak tidak memikirkan dampak atau akibat dari kegiatan bermain yang dilakukannya.

Dalam kegiatan bermain, anak tidak menemukan tes, paksaan dan batas waktu. Suatu kegiatan baru dapat disebut "bermain", jika dalam melakukan aktivitas tersebut si anak merasa nyaman, senang, gembira, tidak merasa terpaksa, bebas berekspresi dan berimajinasi, serta tidak terbebani dengan target yang harus dicapai. Pada saat seperti inilah proses belajar menjadi lebih efektif.

Selama prinsip belajar "FUN LEARNING" yang dikembangkan, materi apapun yang diberikan pada anak usia dini selalu direspon dengan baik. Hal inilah yang akan menumbuhkan MINAT belajar pada anak.

Salam biMBA...tetap semangat, luar biasa dan selalu ceria.
Sampai jumpa.

Categorized |

0 Responses to “Konsep "Bermain sambil Belajar"”

Posting Komentar

Popular Posts