Senin, 16 Juli 2012

Pertanyaan seputar kebiMBAan.

04.42


Seputar kebiMBAan.

   1.   Pengertian biMBA.

Jawab :
biMBA adalah bimbingan MINAT Belajar Anak yang berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia. biMBA tidak mengajarkan calistung kepada anak. biMBA menumbuhkan MINAT, semangat, hasrat belajar anak secara intrinsik. Apabila banyak anak biMBA yang memiliki kemampuan membaca yang luar biasa sejak usia dini, itu merupakan dampak dari pengembangan MINAT belajarnya.

2.  Tujuan biMBA.

Jawab :
Untuk menumbuhkan MINAT belajar anak secara intrinsik. Anak mau belajar bukan karena terpaksa atau dipaksa. Anak mau melakukan kegiatan membaca dan belajar dengan kemauan dan keinginannya sendiri, karena ia senang melakukan kegiatan membaca dan belajar.

3.  Latar belakang biMBA.

Jawab :
Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hadirnya biMBA-AIUEO, yaitu :
a.    Mitos belajar adalah beban.
Banyak anak usia pelajar yang tidak suka bahkan menganggap bahwa belajar adalah beban, membosankan, dan tidak menyenangkan. Hal ini sungguh sangat memprihatinkan, pada hakekatnya tugas utama dari seorang pendidik adalah membuat anak memiliki semangat dan hasrat untuk belajar. Keberhasilan suatu pendidikan adalah membuat anak didik memiliki semangat dan hasrat belajar terus menerus, walaupun ia sudah lulus sekolah dan tidak ada lagi yang mengharuskannya untuk belajar.

b.    Dampak negatif globalisasi media elektronik.
Hampir semua anak menyukai televisi, video game, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. Hal ini sangat mencemaskan, karena bila dibiarkan anak-anak kita akan tumbuh menjadi anak yang pasif. Menyadari dampak negatif tersebut, biMBA hadir untuk membimbing anak-anak Indonesia agar memiliki MINAT, semangat, dan hasrat belajar secara intrinsik. biMBA memiliki tujuan untuk membuat anak menyukai kegiatan membaca dan belajar, sehingga bila anak dihadapkan pada pilihan nonton tv atau belajar, maka anak dengan senang hati akan lebih tertarik dengan kegiatan belajarnya daripada nonton tv. Dengan demikian biMBA mampu meminimalkan dampak negatif yng ditimbulkan oleh media elektronik.

c.    Rendahnya MINAT dan kemampuan membaca.
Berdasarkan data yang diperoleh IEA, Indonesia berada pada urutan ke 41 dari 45 negara yang mengikuti riset kemampuan membaca siswa sekolah dasar (SD) kelas IV. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan, untuk itulah biMBA hadir. Pengertian membaca di biMBA bukan anak mampu membunyikan kata atau kalimat, tetapi juga mengerti apa yang dibacanya. biMBA membimbing anak agar paham dan mengerti bukan menghafal.

d.    Belenggu biaya pendidikan yang tinggi.
Keterbatasan ekonomi bukan halangan untuk terus belajar. Apabila anak sudah memiliki MINAT belajar secara intrinsik, maka ia akan mampu belajar dimana pun dan kapan pun.

e.    Usia dini merupakan Golden Age atau Critical Period.
Usia 0-8 tahun merupakan masa keemasan bagi seorang anak, yang hanya terjadi sekali dalam hidupnya, apabila masa tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik, maka tidak dapat diputar kembali. Untuk itu pada masa tersebut harus diberikan stimulus atau rangsang positif dalam berbagai aspek kehidupan anak.

4.  Keistimewaan biMBA.

Jawab :
a.    Kata biMBA.
Kata biMBA adalah sebuah kata yang istimewa, karena biMBA membimbing MINAT belajar anak secara intrinsik dengan MBA (Mohon Bimbingan Allah, Tuhan Yang Maha Esa).

b.    YPAI.
Yayasan Pengembangan Anak Indonesia, YPAI melalui biMBA-AIUEO ingin mengembangkan anak-anak Indonesia agar memiliki MINAT belajar secara Intrinsik.

c.    GARANSI BCA 372 bebas.
biMBA memberikan GARANSI bisa baca untuk anak mulai usia 3 tahun 0 bulan dalam waktu 72 jam bimbingan di kelas, bebas meskipun tanpa harus dibantu di rumah.

Jika dalam waktu 72 jam bimbingan di kelas, anak belum mampu membaca kata sederhana, biMBA akan memberikan bimbingan secara intensif dan GRATIS sampai anak bisa.

d.    Coba gratis sampai YAKIN.
Keistimewaan yang berikutnya adalah fasilitas coba gratis sampai YAKIN, karena biMBA tidak dapat membimbing anak yang orangtuanya tidak yakin dengan biMBA.

5.  Tujuan GARANSI BCA 372 bebas.

Jawab :
Garansi diterapkan untuk memberikan kenyamanan bagi keluarga besar biMBA-AIUEO, khususnya kepala unit dan motivator.

6.  Latar belakang adanya GARANSI BCA 372 bebas.

Jawab :
a.    Berdasarkan hasil penelitian.
Setelah melakukan research (penelitian) menggunakan metode biMBA, diperoleh data bahwa anak usia 3-5 tahun sudah mampu membaca kata sederhana, dengan rincian sebagai berikut :
-      Usia 3 tahun, mampu membaca dalam waktu 60 jam.
-      Usia 4 tahun, mampu membaca dalam waktu 45 jam.
-      Usia 5 tahun, mampu membaca dalam waktu 30 jam.
Berdasarkan data tersebut diambil rata-rata 372, yaitu usia 3 tahun mampu membaca dalam waktu 72 jam.

b.    Berdasarkan kebutuhan orangtua.
Garansi diterapkan untuk memberikan kenyamanan bagi orangtua, karena tidak semua orangtua paham mengenai pentingnya MINAT belajar anak.
Metode biMBA berbeda dengan tempat lain, di biMBA konsepnya adalah “bermain sambil belajar”. Kebanyakan orangtua tidak paham dengan konsep tersebut, sehingga orangtua merasa khawatir karena anaknya di biMBA main terus, untuk itulah diberikan garansi agar orangtua tidak khawatir.

Garansi berbeda dengan jaminan. Garansi bukan jaminan pasti bisa, garansi berhubungan dengan uang. Pada umumnya anak usia 3 tahun sudah mampu membaca kata sederhana dalam waktu 72 jam bimbingan di kelas. Jika anak belum mampu, biMBA akan memberikan bimbingan secara intensif dan gratis sampai anak bisa. Inilah yang dimaksud dengan GARANSI BCA 372 bebas.

c.    Kenyamanan motivator biMBA.
Sebagian besar motivator biMBA adalah tamatan SMU, untuk itu dibutuhkan kepercayaan orangtua terhadap kemampuan para motivator biMBA. Untuk memberikan rasa nyaman bagi para motivator biMBA, maka diberikanlah GARANSI BCA 372 bebas, agar orangtua yakin dan tidak khawatir. Asalkan punya keinginan dan motivasi kuat untuk terus belajar, tamatan SMU bisa menjadi motivator biMBA, dengan keyakinan dan niat baik Allah SWT pasti akan membantu kita.

d.    Biaya.
Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI) tidak bergantung dengan pihak lain. Biaya operasional biMBA diperoleh dari SPP murid setiap bulan. Semakin banyaknya murid masalah biaya akan tertanggulangi. Jika tidak ada GARANSI, hanya sedikit orangtua yang mau mempercayakan anaknya untuk dibimbing di biMBA karena orangtua tidak yakin. Hal tersebut akan berdampak pada tidak adanya biaya, karena murid sedikit dan lama kelamaan akan tutup.

7.  Dampak jika tidak ada GARANSI.

Jawab :
Jika tidak ada GARANSI, orangtua tidak akan YAKIN dengan biMBA karena biMBA adalah metode baru yang berbeda dari yang lain. Dampak jika orangtua tidak yakin adalah orangtua akan mengintervensi pengajaran motivator di dalam kelas, hal ini tentu akan membuat motivator menjadi tidak nyaman.


Categorized |

0 Responses to “Pertanyaan seputar kebiMBAan.”

Posting Komentar

Popular Posts