Sabtu, 31 Maret 2012
Menumbuhkan MINAT Belajar Anak.
02.01
FUN LEARNING
Proses belajar HARUS dilakukan dalam suasana 100 % menyenangkan bagi anak, karena suatu kegiatan atau pengalaman yang menyenangkan akan cenderung diulangi oleh anak dan sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan MINAT baca dan MINAT belajar secara intrinsik. Beberapa cara yang digunakan biMBA untuk menciptakan fun learning adalah :
Proses belajar HARUS dilakukan dalam suasana 100 % menyenangkan bagi anak, karena suatu kegiatan atau pengalaman yang menyenangkan akan cenderung diulangi oleh anak dan sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan MINAT baca dan MINAT belajar secara intrinsik. Beberapa cara yang digunakan biMBA untuk menciptakan fun learning adalah :
a. Membuat anak merasa nyaman dan aman dengan cinta kasih sayang.
b. Mengajak anak berdialog dengan tema umum, misalnya : mengenai kesukaan, menu sarapan pagi,
warna baju yang dikenakan, dsb.
c. Mengajak anak berdialog dengan memasukkan materi belajar, misalnya : memperdengarkan verbal
kata 4HVK, 4HVS, 5HVS, 4HKS, dsb.
d. Mengajak anak berdialog menggunakan bahasa biMBA.
e. Mengajak anak bernyanyi atau melakukan gerak dan lagu.
f. Meninggalkan cara-cara pemaksaan.
g. Melakukan evaluasi terhadap sikap anak.
b. Mengajak anak berdialog dengan tema umum, misalnya : mengenai kesukaan, menu sarapan pagi,
warna baju yang dikenakan, dsb.
c. Mengajak anak berdialog dengan memasukkan materi belajar, misalnya : memperdengarkan verbal
kata 4HVK, 4HVS, 5HVS, 4HKS, dsb.
d. Mengajak anak berdialog menggunakan bahasa biMBA.
e. Mengajak anak bernyanyi atau melakukan gerak dan lagu.
f. Meninggalkan cara-cara pemaksaan.
g. Melakukan evaluasi terhadap sikap anak.
SMALL STEP SYSTEM
Agar proses belajar yang menyenangkan dapat tercipta, maka proses belajar HARUS dilakukan secara bertahap (small step system) sesuai dengan kemampuan dan kemauan anak. Tujuan diterapkannya metode ini untuk memudahkan anak memahami materi belajar. Agar dapat memberikan materi belajar secara bertahap biMBA menggunakan modul atau lembar latihan yang terdiri dari potongan tema kecil yang berkesinambungan. biMBA memiliki kurikulum dan modul khusus yang telah disusun secara sistematis, sehingga mudah digunakan oleh motivator maupun anak-anak biMBA.
Beberapa hal yang perlu dipelajari, dimengerti dan dipahami oleh setiap motivator biMBA dalam menerapkan meode ini adalah :
Agar proses belajar yang menyenangkan dapat tercipta, maka proses belajar HARUS dilakukan secara bertahap (small step system) sesuai dengan kemampuan dan kemauan anak. Tujuan diterapkannya metode ini untuk memudahkan anak memahami materi belajar. Agar dapat memberikan materi belajar secara bertahap biMBA menggunakan modul atau lembar latihan yang terdiri dari potongan tema kecil yang berkesinambungan. biMBA memiliki kurikulum dan modul khusus yang telah disusun secara sistematis, sehingga mudah digunakan oleh motivator maupun anak-anak biMBA.
Beberapa hal yang perlu dipelajari, dimengerti dan dipahami oleh setiap motivator biMBA dalam menerapkan meode ini adalah :
a. Mempelajari, mengerti dan memahami kurikulum biMBA.
b. Mempelajari, mengerti dan memahami tahapan-tahapan dalam kurikulum biMBA.
c. Mempelajari, mengerti dan memahami tujuan umum dan tujuan khusus setiap tahapan
kurikulum biMBA.
d. Mempelajari, mengerti dan memahami cara mengevaluasi setiap tahapan kurikulum biMBA.
INDIVIDUAL SYSTEM.
Setiap murid biMBA berperan sebagai subjek belajar. Hal ini bertujuan agar setiap anak biMBA memiliki MINAT belajar secara intrinsik. Untuk itu motivator HARUS mengetahui atau menggali segala informasi mengenai hobi, kesukaan, karakter, gaya belajar, dsb. Informasi-informasi tersebut dapat digunakan oleh motivator sebagai media dalam menciptakan suasana belajar yang sepenuhnya menyenangkan bagi anak.
Selain itu motivator juga harus mengetahui kemampuan dan kemauan setiap anak didiknya. Di biMBA, bukan anak yang mengikuti kurikulum tetapi kurikulum yang disesuai dengan tahap kemampuan dan kemauan masing-masing anak.
VARIATION SKILL.
Diperlukan kemampuan bagi seorang motivator biMBA untuk memvariasikan kegiatan belajar di dalam kelas. Hal tersebut bertujuan agar anak tidak jenuh. Kegiatan belajar divariasikan agar memenuhi ketiga aspek belajar, yaitu : kognitif, afektif, psikomotorik.
Semoga bermanfaat...salam biMBA tetap semangat dan luar biasa.
Categorized | METODE | Diposting oleh Alfain Toll Salam
Artikel Lainnya: METODE
Anak bisa baca itu BIASA.
Anak punya MINAT baca itu baru LUAR BIASA.
Ayo kita wariskan MINAT belajar pada anak sejak usia dini bersama biMBA-AIUEO.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 Responses to “Menumbuhkan MINAT Belajar Anak.”
18 Maret 2014 pukul 06.56
Begitu pentingnya MINAT sehingga harus ditumbuhkan dari semenjak usia dini, ini yang menjadi prioritas dari biMBA AIEUO
Posting Komentar